Jenis Sablon Terbaik

by 11.51 0 komentar

Jenis Sablon TerbaikSablon adalah teknik mencetak dalam berbagai media seperti kaos, plastik, gelas, kertas, kaca, kayu dan sebagainya dengan menggunakan alat bantu berupa screen sablon (atau sering juga disebut film sablon). Dengan perkembangan teknologi, saat ini sudah banyak bermunculan alat sablon yang lebih modern yang biasanya di sebut dengan DTG (Direct To Garment). Namun pada bahasan kali ini, penulis akan membahas tentang Jenis Sablon Terbaik untuk kaos (Sablon Manual).
Jenis Sablon Terbaik Untuk Kaos Distro


Sebelumnya, mari kita pelajari jenis-jenis sablon :
 
1. Jenis Sablon Kaos Rubber - Biasanya pelaku usaha sablon sering menyebut sablon karet karena sablon jenis ini memiliki sifat yang menutupi serat kain yang timbul dan hasil sablonan yang elastis. Sablon rubber ini menggunakan jenis tinta sablon yang paling sering dipakai. Kepekatannya yang baik cocok untuk menyablon kain yang berwarna gelap. Selain digunakan untuk sablon utama, biasanya sablon rubber dimanfaatkan untuk sablon dasar sebelum kain diberi sablon yang lain. Keunggulan cat sablon ini ialah cenderung awet dan bisa disetrika.

2. Jenis Sablon Kaos Pigmen
Jenis Sablon Kaos Pigmen - Berbeda dengan sablon rubber, sablon pigmen bersifat seperti tinta yang menyerap kedalam serat kain. Namun sayangnya kekurangan dari sablon pigmen ialah tidak dapat dipakai untuk menyablon kain atau baju yang berwarna gelap, karena biasanya warna sablon baju pigmen kalah dengan warna kain itu sendiri. Jadi sablon pigmen bagus digunakan untuk menyablon warna-warna kain yang terang.

3. Jenis Sablon Kaos Super White

Jenis Sablon Kaos Super White - Sablon jenis ini memiliki karakteristik yang hampir sama seperti sablon rubber yang dapat menembus serat kain. Perbedaannya adalah jenis sablon super white lebih transparan. Super White ini tersedia dalam dua varian yaitu color dan white. Super white juga bisa dipakai menyablon kain berwarna gelap.

4. Jenis Sablon Kaos Plastisol

Jenis Sablon Kaos Plastisol - Sablon plastisol berbahan minyak/PVC dengan daya rekat sangat kuat. Kelebihan yang tidak dimiliki jenis cat sablon lain adalah plastisol bisa mencetak raster atau dot yang sangat kecil. Dengan segala kelebihannya sablon plastisol menjadi salah satu jenis sablon yang lumayan mahal. Hasil sablonan dari plastisol tidak bisa kering dibawah suhu 160 derajat cecius sehingga membutuhkan peralatan khusus untuk mengeringkannya. Jadi wajar apabila harga dari hasil sablon plastisol ini terbilang lebih mahal dari pada hasil sablon yang lainnya karen membutuhkan alat tambahan dalam proses pengerjaannya.

5. Jenis Sablon Kaos Glow in the dark

Jenis Sablon Kaos Plastisol - Kalau teman-teman melihat kaos dengan tulisan atau gambar seakan menyala ditempat gelap, kemungkinan besar itu adalah kaos dengan sablon jenis Glow In The Dark.  Sablon glow in the dark ini terbuat dari bahan dasar dan campuran fosfor. Sablon ini pun bagus jika dikombinasikan dengan sablon yang lainnya. Namun menurut pendapat penulis yang juga bergelut dalam persablonan, jenis ini kurang tahan lama dibandingkan dengan jenis sablon terbaik lainnya.

6. Jenis Sablon Kaos Discharge

Jenis Sablon Kaos Plastisol - Jenis sablon ini memiliki kemampuan khusus untuk merubah warna dasar kain dengan unsur kimia yang terkandung didalamnya. Tujuannya adalah untuk dicat dengan warna baru pada kain atau pakaian sesuai yang diinginkan. Jenis ini mohon maaf penulis tidak dapat menjelaskan secara spesifik atau yang dapat memberikan jawaban dari pertanyaan teman-teman sekalian karena jujur penulis belum pernah memakai jenis sablon discharge.

7. Jenis Sablon Kaos Floaking

Jenis Sablon Kaos Floaking - Proses penyablonan dengan menggunakan sablon floaking pada umumnya menggunakan bahan tambahan seperti beludru sebagai lapisan agar membentuk permukaan timbul yang dilekatkan dengan perekat tertentu. Jenis sablon ini tersedia dalam dua varian yaitu lembaran dan bubuk. Dibutuhkan presser untuk penyablonan menggunakan jenis lembaran agar sablon bisa daya lekat lebih kuat.

8. Jenis Sablon Kaos Foam

Jenis Sablon Kaos Foam - Merupakan jenis sablon dengan bahan karet yang menghasilkan efek timbul. Penyablonan membutuhkan proses pemanasan agar efek timbul yang dihasilkan dapat maksimal. Untuk proses pengerjaan jenis sablon ini biasanya menggunakan alat press untuk pemanasnya.

9. Jenis Sablon Kaos Glitter

Jenis Sablon Kaos Glitter - Jenis sablon ini dapat dibilang kolaborasi antara tinta dengan zat kimia yang juga berbentuk tinta dengan sifat yang mengikat. Hasil sablon dari glitter tampak modern dan glamor karena unsur stransparan yang dihasilkan tampak indah. Sebagian orang berpendapat jenis ini merupakan jenis sablon terbaik. Namun semuanya tergantun dari penilaian masing-masing individu.

10. Jenis Sablon Kaos Foil

Jenis Sablon Kaos Foil - memiliki keistimewaan sablonan yang terlihat mengkilat dan jernih. Dalam proses penyablonan dengan foil digunakan lapisan kertas logam yang direkatkan dengan perekat khusus.

11. Jenis Sablon Kaos High Density

Jenis Sablon Kaos High Density - Jenis sablon high density terlihat jernih dan mengkilap. Bahan yang digunakan adalah tinta plastisol yang memberikan efek kinclong dan terlihat basah. Efek timbul yang dihasilkan juga sangat tajam.

12. Jenis Sablon Kaos Sablon Pasta

Jenis Sablon Kaos Sablon Pasta - Sablonan dari pasta lebih kaku dengan efek timbul yang menyerupai sablon rubber.

13. Jenis Sablon Kaos DTG

Jenis Sablon Kaos DTG - Seperti yang disinggung di atas, dengan perkembangan teknologi, saat ini bermunculan alat sablon yang lebih moderen dengan proses pengerjaan yang lebih mudah dan simple serta hasil yanga bagus. Berbeda dengan jenis sablon yang lain, DTG (Direct To Garment ) dalam prosesnya membutuhkan mesin digital dan biasanya dipakai untuk penyablonan dalam jumlah besar. Namun tidak semua pelaku usaha sablon memiliki alat ini karena harganya yang terbilang cukup mahal.
Dari beberapa jenis sablon yang dijelaskan diatas, semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk menobatkan Jenis Sablon Terbaik kesimpulannya bergantung dari penilaian masing-masing individu, baik pelaku usaha itu sendiri atau pun customernya. Penulis berpendapat, Jenis Sablon Terbaik itu bergantung dari jenis kain yang akan menjadi media sablon dan juga bergantung peralatan yang ada. Artinya, ketika alat yang digunakan masih minim (belum memadai) sebatas screen sablon dan "trilek" seadanya (seperti usaha penulis saat pertama mulai bergelut dalam persablonan), maka jenis Sabon Terbaik  adalah menggunakan RUBBER. Sekalai lagi penulis tekankan bahwa semuanya bergantung pada kebutuhan dan penilaian masing-masing individu.

Demikian apa yang dapat penulis sampaikan tentang "Jenis Sablon Terbaik". Semoga bermanfaat teman. Tetap semangat buat teman-teman pelaku usaha sablon baik yang manual ataupun yang DTG. Semoga usaha kita semakin lancar. Amin
By : De Baboo Clothing












Unknown

Developer

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com tipscantiknya.com kumpulanrumusnya.comnya.com